Notification

×

Iklan

Iklan

Dewan Pers Gelar Workshop Peliputan Pemilu dan Pilkada 2024 di Sulsel

Senin, 24 Juni 2024 | 08.27 WIB Last Updated 2024-06-24T18:57:29Z

Ketua Dewan Pers R.I, Ninik Rahayu.
(Foto: Dok. Dewan Pers). 

Okesulsel.com, MAKASSAR - Dewan Pers menggelar Workshop Peliputan Pemilu dan Pilkada 2024. Pelaksanaan workshop tersebut berdasarkan Surat Undangan Peserta Workshop Dewan Pers, Nomor: 617/DP/K/VI/2924, tanggal 15 Juni 2024. Yang ditandatangani Ketua Dewan Pers, Dr. Ninik Rahayu, S.H., M.H.


Workshop Peliputan Pemilu dan Pilkada dilaksanakan di Swiss-Belhotel, Jalan Ujungpandang No. 8, Bulo Gadung Makassar Sulawesi Selatan, Kamis, 27 Juni 2024.

Pelaksanaan workshop dihadiri, Pimpinan Organisasi Perusahaan Pers, Organisasi Kewartawanan, pemimpin redaksi media cetak, media elektronik dan mendia online.

Apa motivasi yang mendasari Dewan Pers melaksanakan workshop tersebut? Berdasarkan surat undangan peserta workshop tersebut, Dewan Pers memaparkan bahwa pada tahun 2024 akan dilaksanakan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) tingkat kabupaten, kota dan ptovinsi secara serentak nasional.

Salah satu kunci sukses penyelenggaraan ajang demokrasi tersebut untuk terciptanya ruang publik yang kondusif, sehat dan bersih dari berita palsu (fake news) serta hoax.

Peran pers dalam melakukan edukasi melalui informasi yang proporsional Pemilu dan Pilkada sehingga masyarakat dapat diajak untuk berperanserta mengawasi tahapan persiapan pelaksanaan, penyelenggaraan, termasuk peserta Pemilu dan Pilkada.

Interaksi masyarakat dalam pemberitaan Pemilu dan Pilkada oleh pers akan sangat membantu untuk melihat parameter tingkat kesuksesan Pemilu dan Pilkada.

Upaya Tingkatkan Kualitas 
Peliputan Media

Sehubungan dengan itu dalam rangka kualitas peliputan media cetak dan media elektronik terhadap Pemilu dan Pilkada 2024 Dewan Pers mengadakan Workshop Peliputan Pemilu dan Pilkada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Berdasarkan surat undangan Dewan Pers secara riil dapat digambarkan berikut. Tercatat ada 60-an peserta workshop yang terdiri dari kepala pemberitaan atau pemimpin redaksi media dan kotributotor hampir semua televisi swasta.

Diantaranya, Kepala Pemberitaan TVRI dan RRI, Karo LKBN Antara, Pemred FAJAR TV, Celebes TV, Harian FAJAR, Radar Makassar, Upeks, Tribun Timur, Beritakota Makassar, Rakyat Sulsel dan Pedoman Media.

Pimred media yang juga diundang Pimred Rakyat News, Beritanasional id, Ujungjari.com, Okesulsel.com, Bugispos.com, Kabarmakassar.com, Wajoterkini.com, Republiknews.co.id, Kabardesa.co.id, Penarakyat.com dan media lain yang tak disebutkan semua.

Termasuk kontributor hampir semua televisi swasta juga diundang mengikuti workshop. Jelasnya, kontributor TVOne, Kompas TV, Mnc TV, SCTV, Indosiar, Metro TV, Trans 7, CNN Indonesia, RCTI, Trans TV, NET TV dan GTV.

Demikian dikutip intisari dari Surat Undangan Peserta Workshop Dewan Pers. (*).

Penulis/Editor: ABDUL

Notes: Informasi ini juga dimuat Nuansabaru.id, media partner Okesulsel.com (terverifikasi Dewan Pers).

×
Berita Terbaru Update